Kenali Gangguan Pendengaran Konduktif dan Cara Mengatasinya

Dalam kondisi tertentu, sangat umum jika mengalami gangguan pada pendengaran secara tiba-tiba. Baik merasa kurang pendengaran sebelah ataupun keduanya. Sebagian besar ketika mengalaminya akan merasa panik. Apalagi gangguan durasinya cukup lama, meski pada akhirnya membaik dengan sendirinya.

Penyebab Gangguan Pendengaran Jenis Konduktif

Cara Mengatasi Gangguan Pendengaran Konduktif

Salah satu jenis gangguan pada pendengaran ialah gangguan konduktif. Ganggua ini terjadi karena getaran suara tidak bisa masuk ke bagian telinga dalam. Penyebab terjadinya gangguan jeniskonduktif pada telinga di antara lain:

Kotoran Telinga
Penyebab pertama ialah karena kotoran telinga. Kotoran telinga yang menumpuk bisa menimbulkan gangguan pendengaran. Penumpukannya ini biasanya dikarena terlalu sering menggunakan cotton buds yang mana malah membuat kotoran telinga masuk ke bagian dalam terus-menerus hingga menumpuk dan mengganjal.

Kemasukan Air
Berikutnya disebabkan kemasukan air (swimmer’s ear). Telinga bisa kemasukan air saat berenang atau mandi. Masuknya air ini membuat telinga mengalami infeksi akibat kondisinya terlalu lembap. Infeksi tersebut dinamai otitis eksterna, memicu pembengkakan dan membuat pendengaran terganggu.

Terdapat Cairan Akibat Gangguan Kesehatan
Penyebab ketiga bisa dikarenakan terdapat cairan di bagian tengah telinga akibat sedang mengalami gangguan kesehatan. Seperti sedang flu, infeksi, alergi, atau mengalami gangguan pada saluran pernapasan. Cairan menumpuk di bagian tengah telinga lalu mengganggu kerja tabung eustachius yang mana cara kerjanya menutup dan membuka.

Adanya Benda Asing yang Menyumbat
Tidak sengaja memasukan benda asing atau kemasukan benda asing bisa menjadi penyebab lain. Contohnya tidak sengaja meninggalkan kapas cotton buds atau kemasukan serangga.

Kecacatan dan Pertumbuhan yang Tidak Normal
Penyebab kelima ialah karena memiliki kecacatan atau pertumbuhan yang tidak normal sejak lahir. Biasanya solusinya dengan melakukan operasi atau pemasangan alat bantu dengar.

Cholesteatoma
Cholesteatoma merupakan tumbuhnya tumor di telinga  bagian dalam akibat mengalami infeksi yang terlalu sering atau terus-menerus. Tumor ini bisa juga difaktori oleh faktor lain seperti daya tahan tubuh, kebersihan, dan gaya hidup.

Ada pun solusi mengatasi gangguan pendengaran jenis konduktif, bisa dengan obat-obatan, tindakan lanjut seperti menjalani operasi, serta penggunaan alat bantu dengan yang bisa didapatkan dari tempat pusat alat bantu dengar terdekat.

0 Response to "Kenali Gangguan Pendengaran Konduktif dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment